Perkembangan Bahasa Indonesia di Australia

Written on 22.08 by angga



Bahasa Indonesia kini sudah banyak di pelajari dan di kenal oleh Negara- Negara lain, salah satunya Negara Australia. Di Negara Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa wajib kedua di sekolah. Jadi selain mengajarkan bahasa eropa, sekolah-sekolah yang ada di Australia juga mengajarkan bahasa asia, ya pastinya salah satunya bahasa Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga karena bahasa kita di pakai di sekolah-sekolah Australia.

            Para siswa SD di Australia pun merasa bangga belajar bahasa Indonesia, hal ini tak lepas dari faktor geografis dan historis antara Indonesia dan Australia. Menurut Peter Mackey, pejabat pendidikan dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta “kemampuan belajar bahasa dan budaya Indonesia di harapkan dapat penunjang kemampuan para siswa dalam bidang geografi, juga sebagai persiapan kalau ada yang berminat melanjutkan studi di Indonesia”. Populernya Bahasa Indonesia di Australia dikarenakan makin banyak pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Australia sejak tahun 1950an, tercatat saat ini sudah 18.000 pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di lembaga pendidikan Australia.

          Semakin populernya Bahasa Indonesia di Australia membuat kebutuhan guru Bahasa Indonesia pun cukup tinggi. Akan tetapi, banyak guru bahasa Indonesia di Australia tidak seluruhnya diisi oleh guru asli Indonesia. Justru yang paling banyak mengajar bahasa Indonesia adalah orang Melayu, seperti Malaysia. Padahal bahasa melayu berbeda dengan bahasa Indonesia. Hal ini mungkin terjadi banyak guru Indonesia lebih suka mengajar di negeri sendiri apalagi yang sudah berkeluarga. Jadi mereka tidak mau meninggalkan keluarganya. Oleh karena itu, ini sebagai tantangan buat kita, pemerintah Indonesia dan khususnya untuk guru bahasa Indonesia supaya bisa dan berani mengajarkan bahasa Indonesia di Negara lain agar bahasa Indonesia lebih populer lagi di dunia internasional.

Sumber :
- http://kunjunganartikel.blogspot.com/2012/01/di-australia-bahasa-indonesia-menjadi.html
- http://edukasi.kompasiana.com/2012/08/12/sd-di-australia-bangga-belajar-bahasa-indonesia/
- http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/18/13524311/Guru.Malaysia.Mengajar.Bahasa.Indonesia.di.Australia

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar