Struktur komputer dan perkembangan hardware

Written on 09.09 by angga


Komputer adalah sebuah mesin yang dapat memanipulasi data berdasarkan beberapa intruksi tertentu yang telah disediakan. Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.

Untuk lebih jelasnya tentang  konsep komputer anda bisa perhatikan struktur organisasi komputer dibawah ini dan berikut penjelasannya.





A.   Input device (Unit Masukan ) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

B.   Output device (Unit keluaran) dapat diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti : kertas, monitor, printer, plotter, dll.

C.   I/O port artinya saluran input input dan output, fungsinya untuk menghubungkan komputer dengan semua perangkat pengontrol komputer dan yang bisa dikoneksikan dengan komputer, misal mouse, keyboard, printer, scanner, gamepad dll.

D.   CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

E.   Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

F.    Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

G.   Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

H.   Adress bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.


 
Perkembangan Hardware
Kemajuan teknologi sudah mengalami perubahan bentuk serta fungsi computer dalam beberapa generasi yaitu:


1. Generasi Pertama (1946-1959)
Pada generasi ini komputer dibuat sangat sederhana dan belum kompleks dalam penggunaannya, sehingga komputer dalam bentuk generasi pertama belum bisa memproses persoalan-persoalan yang besar dan mencakup secara keseluruhan dari persoalan yang ada dan lamban, dalam proses pembuatannya masih menggunakan yang besar-besar dan tidak praktis, sehingga membutuhkan tempat yang luas, kapasitas untuk menyimpan data kecil, dan cepat panas.



2. Generasi Kedua (1959-1965)
Dalam pembuatan generasi ke dua ini pembuatan komputer yang menyempurnakan komputer generasi pertama yaitu dengan penyempurnaan jenis dan bentuknya serta menghemat tenaga listrik, komponen telah menggunakan transistor, ukuran fisiknya lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran fisik generasi pertama, kecepatan prosesnya lebih cepat, tidak cepat panas, listrik lebih hemat, memorinya lebih besar, bahasa yang digunakan tingkatannya lebih tinggi, informasi yang digunakan lebih cepat prosesnya dari komputer generasi pertama.



3. Generasi Ketiga (1965-1970)
Pada komputer pada generasi ini dibuat dengan menghubungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilannya serta memorinya lebih besar dari generasi-generasi sebelumnya,
sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan, bentuk dan jenisnya pun lebih kecil dan simpel dari komputer generasi kedua serta diletakkan di luar sehingga tidak memerlukan banyak ruang, serta dapat menghemat listrik bila dibandingkan generasi kedua.


4. Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu generasi pertama sampai ketiga dengan ukurannya relatif lebih kecil,
mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network), komputer pada generasi ini menghubungkan beberapa yang IC didapatkan, yang sebelumnya belum digabungkan, sudah mengenal DataBase Management System (DBMS)

Kelompok :
  1. ilham novi setiawan   23110435
  2. Alvian fadillah             20110576
  3. M. Angga Saputra         24110490
  4. Muhamad Azis              24110566
  5. Rizki Faradilla               26110132
  6. Chandra Kusuma          21110554
Kelas : 1kb06



If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar